TRADER PEMULA

Jika Anda Seorang Trader Pemula

 

Jika anda seorang trader pemula, apa saja yang perlu anda perhatikan dalam bertrading sebelum berperang dalam pasa finansial. Ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan jika anda trader pemula. Good Luck….

Jangan Melototin Monitor Terus-Terusan
Saya rasa ini tidak ada gunanya, malah bikin mata rusak. Harga toh juga tidak akan melambung tinggi kalau anda pelototin terus. Cukup lihat pada jam-jam penting saja seperti pembukaan sesi pertama, kedua, atau menjelang penutupan. Kecuali jika anda sudah menjadi seorang intraday trader yang ahli. Jika anda terlalu sering dan lama melotot di depan monitor bisa-bisa malah emosi anda akan ikut terbawa dan akhirnya malah membuat keputusan yang salah. Hal ini selalu saya alami waktu pertama kali saya trading. Sebaiknya buat rencana trading yang matang dulu, baru buka monitor anda. Seringkali saya tanya kepada beberapa trader, mengapa kok sering banget melotot di depan monitor ngeliat angka-angka yang terus bergerak-gerak itu? Jawabannya selalu sama : BUAT ANALISIS. Percaya saya, “analisis melotot monitor” itu tidak akan membuat anda sukses di pasar finansial manapun.
Ada Baiknya jika Anda Belajar Dulu Pengetahuan Dasar dari Pasar yang Anda Masuki
Kalau anda akan trading di pasar modal, ya belajarlah dulu tentang dasar-dasar pasar modal. Kalau anda masuk di pasar futures, lakukan hal yang sama. Penting sekali untuk mengetahui istilah-istilah penting dalam pasar finansial. Selain itu dengan pengetahuan dasar, anda dapat lebih memahami mengenai berita dan informasi yang ada.
Jangan Terlalu Khawatir dan Senang tentang Berita-Berita di Media Massa
Seringkali berita-berita yang disebar di media massa adalah berita yang sudah basi karena sudah banyak orang yang mengetahuinya lebih dahulu. Para analis fundamental adalah orang-orang yang umumnya pertama kali mengetahui informasi tersebut dan mengambil posisi sebanyak yang dia bisa. Jadi ketika anda mendengar berita-berita tersebut umumnya harga sudah merangkak tinggi terlebih dahulu.
Selalu Catat Transaksi Anda
Dengan mencatat semua transaksi, anda dapat belajar dari kesalahan-kesalahan di masa lalu. Penting sekali untuk meningkatkan skill trading anda. Selain itu juga dengan mencatat transaksi juga dapat mengetahui apakah selama ini anda sudah terlalu boros dan tidak efisien dalam membayar pajak trading anda. Ingat selalu perhitunggkan biaya transaksi dalam bertrading, sesuatu yang terlihat kecil akan jadi besar jika tidak diperhitungkan dan terjadi terus-menerus.
Pilihlah Broker yang Dapat Dipercaya
Jangan pilih sembarang broker. Survey dulu apakah perusahan broker anda adalah perusahaan yang kompeten dan profesional. Jangan sampai uang anda dibawa lari seperti yang terjadi pada beberapa kasus penipuan beberapa tahun yang lalu. Pastikan anda juga mendapat kartu AKSES jika anda bertrading di pasar modal. Kartu tersebut untuk mengecek kepemilikan saham yang anda sudah beli. Jika anda ragu-ragu, ada baiknya pilihlah broker yang merupakan BUMN (Badan Usaha Milik Negara).
Hindari IPO
IPO (Initial Public Offering) atau penawaran saham perdana adalah penerbitan saham untuk publik pertama kalinya yang dilakukan badan usaha sebagai langkah wajib dalam proses go public. Pada saat perdagangan pertama di bursa efek, umumnya saham yang baru IPO ini memiliki volume perdagangan yang sangat tinggi. Selain itu volatilitas pergerakan harga pada perdagangan perdana ini juga sangat tinggi. Tingginya volatilitas harga ini memang menggiurkan, beberapa saham bahkan mencatatkan kenaikan harga sampai puluhan persen dalam beberapa jam bahkan menit. Beberapa orang mengatakan kalau strategi untuk IPO adalah beli pada saat pembukaan, jual pada saat penutupan. Tapi jangan lupa, juga banyak badan usaha yang harga sahamnya turun drastis hanya dalam beberapa jam saja bahkan hitungan menit. Lantas bedanya apa dengan berjudi?? Kita bukanlah seorang penjudi. Warren Buffet dalam “The Warren Buffet Way” sempat bercanda dengan mengatakan bahwa IPO = Its Probably Overprice. Saya setuju dengan lawakan itu, seringkali saham bagus yang baru saja IPO dapat kita dapatkan beberapa bulan setelahnya dengan harga jauh lebih murah.
Siap-siap Kehilangan Uang Anda
Setahu saya, hampir tidak ada trader hebat yang tidak pernah kehilangan modal pada tahun pertamanya bertrading. Trader sekelas Dr. Alexander Elder pun juga pernah mengalaminya. Namun, artinya di sini bukan berarti kalau anda kepingin jadi trader jagoan anda harus rugi lo… Hal ini bisa diartikan kalau rugi lah yang membuat anda terus untuk belajar. Jangan pernah menyerah jika anda harus rugi, terus belajar dari kesalahan anda. Trading tidak segampang kelihatannya, jadi siapkan modal yang kira-kira bisa anda toleransi jika anda harus kehilangannya. Kalau anda hanya siap rugi Rp 10 juta, ya buka account jangan terlalu jauh dari angka itu. Kalau anda siap lebih, yah silakan buat account lebih besar. Saat ini anda sudah bisa buka account dengan modal hanya Rp 10 juta (bahkan beberapa ada yang menawarkan Rp 5 juta). Anggap saja rugi anda hanyalah uang kursus. Tetapkan target gain tahunan anda. Untuk tahun pertama jangan sampai rugi lebih dari 10% dari modal awal. Ini langkah yang bagus. Tahun berikutnya cobalah kalahkan indeks. Jika sudah mahir tetapkan target profit yang jauh lebih besar. Ingat jangan terbawa mimpi!!! Mungkin anda sudah bermimpi kalau anda sudah dapat beli hellicopter pada tahun pertama. Tahukah anda jika anda memiliki modal Rp 100 juta dan gainkonstan 100% per tahun, dalam 10 tahun kemudian uang anda sudah menjadi Rp 100 milyar?! Mendapat keuntungan ratusan persen bahkan ribuan persen dalam waktu singkat di pasar finansial sangat mungkin terjadi, tapi yang saya maksudkan di sini adalah gain konstan dalam jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: