ANALISIS FUNDAMENTAL

Analisis fundamental adalah analisis yang menitikberatkan pada segala aspek yang dapat mempengaruhi kondisi badan usaha di masa depan. Umumnya orang-orang hanya tahu bahwa analisis fundamental sama dengan analisis laporan keuangan badan usaha. Hal ini tentu saja keliru karena analisis laporan keuangan hanyalah sebagian kecil dari analisis fundamental. Lantas apa saja yang dikategorikan analisis fundamental?
Umumnya seorang analis fundamental menggunakan metode Top Down Approach dalam menganalisa badan usaha. Hal ini dimulai dengan menganalisa sektor makro, industri, dan kemudian baru badan usahanya secara spesifik. Sebagai contoh, PT X adalah badan usaha yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Analisis sektor makro dapat dimulai dengan menganalisa kondisi perekonomian global, analisis sektor industri dapat dilakukan dengan menganalisa permintaan CPO (minyak kelapa sawit) dunia ataupun domestik, dan yang terakhir analisis badan usaha dapat dimulai dengan analisis kinerja melalui laporan keuangan atau sumber lainnya.
Melihat dari tahapannya yang cukup panjang dan rumit, tentu analisis ini tidak mudah untuk dilakukan. Umumnya analisis ini dilakukan berdasarkan kerja tim. Selain itu, orientasi investasinya adalah untuk jangka panjang (lebih dari 1 tahun) karena kinerja badan usaha tidak akan berubah secepat kilat. Seorang analis fundamental wajib untuk terus memantau semua yang berkaitan dengan badan usaha tersebut yang sekiranya dapat mempengaruhi kinerjanya di masa depan. Oleh karena itu seorang analis fundamental sebaiknya adalah orang yang ahli di suatu bidang industri tertentu karena baginya akan lebih untuk memahami badan usaha tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: