MACD Histogram

MACD Histogram sebenarnya hanyalah mofikasi dari MACD biasa. MACD ini membuat grafik baru yang terbentuk dari selisih antara MACD dan sinyal moving averagenya. Sangat simpel kan… Tidak ada yang berbeda dari cara membaca MACD ini, semuanya sama. Jika grafik menunjukkan angka yang lebih besar 0, maka artinya garis MACD masih berada di atas garis moving averagenya sehingga ini merupakan tanda bahwa harga sedang bullish. Jika grafik ada di bawah angka 0, maka artinya sedang bearish. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat gambar berikut :
 
Jika anda lihat, garis merah adalah MACD sedangkan garis hitam adalah moving average dari MACD itu. Sedangkan grafik biru yang berbentuk dari batang-batang (bar) tersebut adalah selisih dari MACD dan moving averagenya. Jika anda perhatikan, maka waktu MACD sedang dead cross dengan moving averagenya grafik bar tersebut akan berada di bawah 0 atau bar-nya akan memanjang ke bawah. Jika golden cross, yang terjadi adalah sebaliknya yakni di bar akan memanjang di atas angka 0. Sebenarnya MACD histogram ini dibuat untuk mempermudah membaca MACD saja, tapi dengan adanya grafik berbentuk bar tersebut maka indikator ini dapat digunakan untuk menjadi oscillator yang cukup baik dalam memprediksi momentum sebuah tren. Mari kita lihat sama-sama :
 
Jika anda lihat baik-baik dari gambar di atas, maka terlihat bahwa harga GJTL terus-terus menerus menunjukkan peningkatan sedangkan grafik MACD Histogram malah menunjukkan sebaliknya yakni terus tergerus turun. Ini menandakan kekuatan dari tren GJTL sudah semakin melemah dari hari ke hari. Pada akhirnya setelah MACD sudah memotong ke bawah moving averagenya (dead cross), GJTL langsung terkoreksi koreksi cukup dalam.
MACD Histogram ini bisa sangat membantu, tapi jangan terlalu terfokus pada ini saja. Tetap fokus pada sinyal utama dari MACD dengan moving averagenya. Karena belum tentu momentum tren yang melemah, harga tidak bisa naik lagi. Ingat selama tren tetap berjalan, adalah tugas para analis teknikal untuk menungganginya sampai tren berbalik arah. Jika anda membutuhkan rumus MACD Histogram untuk Metastock anda cukup klik disini. Good Luck…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: