TRIANGLE

Seperti namanya, triangle adalah model chart pattern yang berbentuk segitiga. Ada 3 jenis triangle yang sering ditemui pada saham-saham di Indonesia, yakni symetrical triangle, ascending triangle, dan descending triangle. Symetrical triangle bentuknya menyerupai segitiga sama sisi, ascending triangle berbentuk menyerupai segitiga dengan bagian atas yang datar, sedangkan descending triangle berbentuk segitiga dengan bagian bawah yang datar.

Symetrical Triangle
 
Ascending Triangle
Descending Triangle
 
Garis merah merupakan garis batas dari chart pattern tersebut. Jika tertembus, maka harga akan mulai untukrally. Harga bisa tertembus ke bawah bisa juga ke atas. Di beberapa buku teknikal yang ada, seringkali disebutkan bahwa terdapat anggapan bahwa ascending triangle cenderung untuk bullish dan descending triangle cenderung untuk bearish. Saya tidak bisa mengatakan ini benar atau tidak, karena setahu saya di Indonesia tidak pernah dilakukan pengujian untuk memastikan kebenarannya. Oleh karena itu saya tidak pernah menganggap ini aturan ini merupakan suatu aturan yang baku. Seperti yang sudah pernah saya katakan bahwa saya hanya menggunakan chart pattern hanya untuk mengkonfirmasi sinyal dari indikator yang ada. Sebisa mungkin desainlah indikator dan strategi trading terbaik sehingga dapat mendeteksi pergerakan tren yang ada sebelum harga break dari pattern-nya. Jika harga sudah break, maka umumnya dia akan break dengan volatilitas yang tinggi juga sehingga batas resiko anda akan jadi lebih tinggi pula.
Jangan lupa, untuk menggambar sebuah tren dibutuhkan minimal 2 titik yang dapat dihubungkan. Oleh karena itu, untuk menggambar batas bawah dan atas dari triangle minimal juga dibutuhkan 2 titik yang dapat dihubungkan. Selain itu juga, terkadang harga setelah break akan kembali menguji pada garis batas chart pattern sebelumnya. Hal ini serupa dengan pola head and shoulders. Berikut adalah contoh-contoh pola triangle pada saham-saham di Indonesia :
Symetrical Triangle AKRA
 
Ascending Triangle BKSL


Descending Triangle BUMI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: